Selasa, 01 Desember 2015

Semua Anak itu Unik

Semua anak itu unik
by : Foezi Cuaca Elmart

Suatu hari di sebuah hutan, para penghuni hutan berkumpul di satu tempat. berkumpullah gajah, elang, ikan, ayam dan lainnya. Demi meningkatkan kualitas SDM di hutan, maka mereka sepakat untuk mendirikan sekolah di dalam hutan.

hari pertama, semuanya bersemangat mengikuti sekolah, ospek dulu ceritanya, hehe. hari kedua, berkumpul bersama teman2 begitu luar biasa menyenangkan...

Namun, satu bulan setelahnya terjadi stress massal di sekolah tersebut. kenapa? karena ternyata gajah stress ketika ada pelajaran terbang, elang stress ketika ada pelajaran berenang, serta ular stress ketika ada pelajaran berayun di pohon.

Nah ibu2, boleh jadi kita seringkali menyamaratakan anak kita dgn standar tertentu. Mungkin kita menganggap cerdas anak yg cepet calistung pdhl dasarny pembelajaran yg ia terima memang sesuai dgn pola belajarnya, mungkin kita sering menganggap bandel anak yg mondar mandir gbs diem, pdhl memang dasarny ia kinestetik, dan lain2. adanya standar di masyarakat seringkali sebabkan kita lupa utk melihat dan menyadari bahwa, anak kitasangat unik, dan anak kita sesungguhnya terlahir sudah sangat cerdas. nmun blh jd ketidaktahuan kitalah yg mengkerdilkan potensinya, krn ini izinkan sy hari ini bercerita ttg VAK :)

VAK atau Visual Auditory Kinestetik, merupakan konsep Quantum Learning. Yaitu memetakan karakter anak melalui "cara belajarnya".

Anak Visual adalah adalah anak yang belajar dengan MELIHAT. See it, I Learn. Indera penglihatan anak visual lebih tajam. Jumlah orang visual di dunia ini mencapai 55%, itulah mengapa konsep sekolah pada umumnya adalah mmg diperuntukkan buat anak visual.

Anak Auditory adalah anak yang belajar dengan MENDENGAR. Hear it, I Learn. Indera pendengaran anak auditory sangan tajam. biasanya anak auditory tidak terlalu suka baca buku, tapi ia suka diceritakan buku. Anak auditory menyukai pembepajaran yang membuat nyaman indera audio nya. Cepat menghafal apa yang ia dengar. oleh karena anak auditory indera pendengarannya tajam, maka wajar bila ia biasanya lebih cepat berbicara.

Anak Kinestetik adalah anak yang belajarnya dengan BERGERAK NYATA. Do It, I Learn. Indera motorik kasar khususnya dari anak kinestetik sangat bagus. Oleh karenanya anak tipe ini biasnaya terkenal dengan baterenya yang super duper energizer karena jarang mengeluh cape. Namun karena di dunia lebih banyak orang visual yang lebih suka kerapihan, ketentraman, keteraturam dsb, maka anak kinestetik seringkali di cap "nakal" bandel dsb, karena keaktifannya bergerak. Biasanya sekolah pada umumnya tidak cocok untuk anak kinestetik, karena indera motorik kasarnya kurang bergerak. energi nya kurang dikeluarkan. Anak Kino, biasa di sapa tipe ini, cocoknya ikut sekolah alam :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar